Kamis, 10 Desember 2015

BatikNadhifSolo: Pengalaman Transaksi Pertama di Tokopedia





Buka Peluangmu.

Setelah mengikuti roadshow, Tokopedia.com di Solo beberapa waktu lalu, Saya membuka Toko dengan nama BatikNadhiSolo. Sebagai pemain baru, Saya masih meraba-raba. Cara memasukkan foto produk. Rajin-rajin me-'klik' tombol promosi. Agar banyak orang melihat produk toko Saya. Yang namanya jualan pastinya harus sabar yaaa. Hehehehe. Sebab, transaksi pertama baru Saya dapatkan setelah satu bulan lamanya buka toko.



Wuah, senangnya bukan main, saat Tokopedia memberi notifikasi pesanan baru di Smartphone. Dalam invoice pesanan terdapat jenis barang dan foto pesanan, pembayaran barang dan ongkos kirim yang telah dilakukan, dan alamat pembeli.

Secepatnya Saya packing dan kirim. Setelah itu mengisi nomor resi untuk konfirmasi bahwa barang telah dikirim. Namun ternyata uang belum masuk dalam rekening. Sehari, dua hari, Saya kebingungan. Saya belum menerima uang pembayarannya. Panik nih. Saya cari tahu lewat layanan, hubungi kami di Tokopedia. Dan menelusuri cara dapat pembayaran setelah transaksi.

Infonya begini, semua transaksi di Tokopedia.com akan melalui Rekening bersama Tokopedia yang disebut Saldo Tokopedia. Saat transaksi terjadi, uang tidak serta merta masuk ke rekening pribadi seller. Pembeli membayar ke rekening bersama Tokopedia. Uang itu akan masuk ke dalam Saldo Tokopedia Seller setelah dua hari barang diterima pembeli.

Dalam rincian transaksi, ada tombol lacak barang. Seller mengetahui bahwa barang telah sampai ke pembeli dan disebutkan nama penerima barang tersebut. Tapi, uang pembayaran masih menunggu konfirmasi dari pembeli. Guna, mengetahui apakah ada komplain dari pembeli. Sehingga pihak Tokopedia menahan uang tersebut. Uang akan masuk ke Saldo Tokopedia seller apabila, setelah dua hari dari penerimaan barang, pembeli tidak komplain (protes).

Total lama proses transaksi sekitar satu mingguan, akhirnya Seller mendapat pembayaran.

Lamanya proses transaksi di Tokopedia untuk menjaga kepercayaan dan keamanan, baik dari pembeli dan Seller. Memungkinkan juga sih, untuk transaksi diluar dari Tokopedia. Tapi sudah diluar kuasa Tokopedia, alias resiko semua ditanggung kedua belah pihak.

Toko BatikNadhifSolo, adalah toko yang menjual baju-baju batik secara profesional, bertanggungjawab dan terpercaya. Cari kami di Tokopedia.com.


Yes, I Got It! Saya punya identitas Toko.

Salam dari Solo,
Toko BatikNadhifSolo



4 komentar: