Minggu, 01 Maret 2015

Nasi Liwet, Cabok Rambak, It's Solo!

Nah, ini dia Nasi khas Solo. Nasi Liwet. Beda dengan nasi uduk jakarta, nasi lemak melayu dan nasi gemuk Sumatera. Meski aneka nasi tersebut sama-sama dimasak dengan campuran santan. Nasi liwet ini memang menggunakan santan tapi minimalis. Gurihnya terasa tapi tidak ‘gemuk’- tidak nyata alias sumir. Justru kesumiran santan itulah ciri khasnya. Nasi yang minimalis itu ditemani dengan sambal jipang (labu siam), suwiran daging ayam kampung, telur dadar dikukus yang minimalis juga dan areh atau kumut (santan putih yang dimasak mengental) nyempluk di atas nasi liwet. Rasa yang sederhana itu berpadu dengan kumut, jipang dan telur dadar kukus menjadi rasa yang pas gurihnya. Makannya juga dengan pincuk daun pisang sambil lesehan.

Pedagang nasi liwet masih banyak ditemui di Solo. Salah satunya di kawasan Nonongan persisnya depan (sebrang) Klenteng. Nasi liwet Mbok Par yang sudah berjualan sejak 1950-an. Mbok Par menggelar tikar bagi para pembeli. Mulai jualan jam 19.00 sampai jam 22.00 atau dagangan habis. Suasana makan nasi liwet di malam hari sambil lesehan di pinggir jalan ini mengingatkan sejarahnya sego liwet sesepuh yang tirakat pada malam hari.  Sepincuk nasi liwet hanya Rp. 5000 dengan suwiran ayam kampung. Bila tambah lauk, uritan (calon telur muda), dada mentok, paha, kepala ayam, duo ampela ati harganya bisa jadi antara Rp. 9000 – Rp. 12000.

Jangan lupa pencuci mulutnya, cabok rambak. Ketupat diiris tipis tipis yang disiram sambel kacang, dilengkapi karak –kerupuk khas Solo yang dibuat dari nasi yang ditumbuk dan dikeringkan. Sambel cabok rambak terbuat dari kacang wijen, sedikit kencur dan irisan daun jeruk digiling jadi satu. Tekstur sambel kacang wijennya halus dan lembut serta aroma daun jeruk yang segar langsung maknyess. Sepincuknya Rp. 3000.



Sambel kacangnya – seperti bumbu pecel yang dikemas.- juga bisa dipesan terpisah. Cara makannya: ambil sedikit sambel kacang lalu campur dengan air matang hangat. Aduk-aduk, dan jadi deh. Satu kotak mika (plastik) sambel kacang cabok rambak harganya Rp. 25000.\\

Sedap....!!!   

2 komentar:

  1. Wah, nasi liwet saya sering makan mba. Biasanya pas sarapan. Kalo cabuk rambak baru sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget tuh mba. Tapi nasi liwet untuk makan malam juga uenak. hehehehe.

      Hapus