Minggu, 15 Maret 2015

Sate Kere yang Sugih!

      
Pertama kali berkunjung ke Solo, 2007 silam, Bapak saya minta wisata kuliner Sate Kere. Penasaran katanya, nonton Pak Bondan Winarno dengan wiskul nya, dulu kok enak sekali. Calon suami saat itu yang asli Solo, mengajak ke Sate Jeroan Sapi yang terkenal di Solo. Calonku yang paling cakep itu menunjukkan wujud nyata dari si Sate kere yang dimaksud. Adalah Sate Kere, merupakan Sate gembus. Yang terbuat dari ampas tahu. Gembus dipotong persegi panjang dan dimasak dengan bumbu bacem. Saat bapak menyantap sate kere, dahinya mengernyit. Bapak terus mengunyah sambil merasa-rasa, nyari letak kelezatannya. Hahahaha. Maklum, di Palembang tidak pernah makan gembus. Gembus gak ada di Palembang. Yang ada empek-empek. "Gimana pak?" tanyaku, "Kata Pak Bondan sih enak, Bapak lidahnya masih rasa empek-empek," katanya sambil tertawa. Hahahahaha


Setelah 6 tahunan tinggal di Solo, saya makin akrab dengan Sate kere dan konco-konconyanya yakni jeroan sapi, ada sate ginjal, sate kikil, sate iso. Juga bukan hanya di tempat makan yang layak. Pinggir jalan, depan sekolah anak, lah??? Seketemunya si Yu gendong. Penjualnya menggendong bakul berisi panggangan kecil, arang, daun pisang, sebotol air, di kepalanya menyunggi tampa berisi para sate. Si Yu sate ndeprok sambil ngipas-ngipas arang berapi. 

Icip punya icip, lha kok rasanya sate kere ini nikmatnya. Si sulung pun ikutan doyan. Hehehe, jadilah kami berlangganan sama si Yu Tri, penjual sate gendong pribumi. Kami hafal jadwal jualannya Yu Tri,mulai dari jam 10.00 pagi ia berkeliling sampai habisnya sate. Nah, biasanya antara jam 2 siang, Yu Tri ndeprok cantik di Pojokan Jln, Bledak, Mangkuyudan. Saat ia mulai membakar sate, aromanya mudah dikenali deh. 

Kali ini saya sudah sangat menikmati kelezatan sate kere yang benar-benar kere ini. Makannya sambil ndeprok (bisa juga dibungkus makan di rumah atau bawa piring masing-masing dari rumah). Bumbu bacem sate kere atau gembus ini, sangat meresap. Satenya Juicy banget, terasa manis gurih bumbu bacam. Lha wong, direbus selama 8 jam loh! "Masaknya pake kayu bakar mbak, jadikan lama. Bumbunya juga jadi meresap tenan," tutur Yu Tri. Sate Kere ini Rp. 600 per tusuknya. Sedangkan sate jeroan sapi Rp. 1300 per tusuk. 

Yang istimewa lagi, tidak ada minimal order, boleh satu, dua atau sepuluh. Pokoknya boleh deh... Tadi baru ketemu lagi dengan Yu Tri setelah setahun tak bertemu karena kami pindah rumah. Yu Tri nya kejauhan klo ngider sampai ke rumah baru. Huaaaaa..... Langsung deh kangen-kangenan. Nyam, nyam, nyam, MAKNYUS!!!! Sate kere rasa sugih benget dah.

Seandainya Bapak masih ada, akan kujelaskan padanya tentang kelezatan sate kere ini jadi bukan hanya katanya Pak Bondan saja. I Miss You, Bapak tersayang. 

NB: Saya udah nyimpen nomor telepon Yu Tri. Kalo pengen sate kere bisa janjian di wilayah orbitnya beredar. Aseekkk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar