Sabtu, 05 September 2015

Apaan Tuh Endorse?


Teritung masih newbie di dunia per-IG an. Liat-liat foto. Selfie artis, pejabat, men-temen. Fotonya kece-kece. Dasar bekas wartawan, atau kepo-an yak? Liat yang gak dimengerti itu bawaannya gregetan. Gemes pengen tau. Banyak tuh artis dan bukan artis, yang foto terus caption di bawahnya begini: "Makasih ya, aku suka banget bajunya @merkbaju."



Mikir dong...

Mampir ke IG yang bukan artis juga ada tuh, kata-kata yang bernada mirip-mirip.

Mikir lagi... Kayaknya ini jenis iklan model baru (Katrok deh eike).

Penasarnnya udah kumat tingkat akut nih. Pas baca comment di IG-nya anak Presiden RI, @Kahiyangayu, "Mbak, boleh endorse?"

Endorse dalam terjemahannya adalah menyetujui, mengesahkan, mengabsahkan, menguasakan, menuliskan nama, menyokong.

Kesimpulan semrawut saya adalah jika pengusaha Online Shop meng-endorse si artis, tujuannya adalah untuk menyetujui, mengesahkan dan menyokong produk jualannya. Efeknya apa? follower si artis tau produk yang digunakan si artis dan terpengaruh untuk ikut menggunakan produk itu. Akibatnya lagi, penjualan produk itu akan meningkat. Wow! Lumayan juga ya, bisa ngiklan dengan mudahnya kalo begitu. Pikir saya begitu. Bisa juga nih buat ikutan endorse artis dengan batik dan baju jualan saya.

Eh, bukan artis aja loh. Sekarang banyak yang seleb-gram. Seleb di Instagram. Kayak adiknya Oki Setiana Dewi, iya yang jadi Anna di Film Ketika Cinta Bertasbih. Nah, adiknya ini punya follower yang banyak sampe satu juta lebih.

Waaahhhh.... Dan kata men-temen OLS, Joss juga endorse di selebgram ini. Cateeettt...

Pokoknya ngubek-ngubek, ngulik-ngulik, kitik-kitik, orang-orang di dunia IG, itu caranya endorse pegimaneh?

Nah, kesimpulannya adalah:

1. Buang pikiran endorse itu cuma kirim barang ke si artis. Nanti dipake dan difoto, disebutin OLS kita. Karena untuk endorse itu, OLS itu juga bayar, say!

2. Artis atau selebgram bahkan ada yang buat management khusus endorsment

3. Ada juga akun IG yang mengoordinir para OLS yang berniat endorse artis secara bersama-sama. Biar lebih murah, katanya.

4. Yup! Si artis atau selebgram yang banyak followernya pasang tarif. (Pantesan, itu Raffi dan Gigi bikin ucapan terimakasih, "Makasih follower kita udah 2 juta,"). Semakin banyak follower, tarifnya makin mahal. Bocorannya sih, untuk follower satu juta, tarifnya bisa Rp. 2,5 juta untuk sekali foto sama produk, diposting sekali dan di keep beberapa hari/minggu sesuai kesepakatan.

5. Noted, bukan cuma artis, adiknya, pacarnya, keponakan, anaknya si artis, pokoknya yang folowernya banyak deh, masuk dalam target peng-endorse.

Bagaimana ini? Masih niat endorse kah diriku??? Belom ada budget buat promosi nih. Bisnis masih unyu-unyu. Sementara untuk endorse harus menyiapkan produk (belom termasuk kalo si artis milih produk lebih dari satu), dan duit buat bayar tarif.

Huhuhuhuhu... Jangan sedih, masih banyak jalan lain untuk promosi menuju bisnis yang laris manis! Aamiin!!!


2 komentar: