Jumat, 21 Juli 2017

Signature Dish Bapak: Ayam Bento

Apa yang dilakukan jika dilanda malarindu? Pasti nelpon ke orang yang dirindukan. Tapi berhubung yang kurindukan itu Almarhum Bapak, so pasti akan bisa nelpon. Selain membaca Alfatihah, Saya justru meluapkannya lewat masakan. Saya masak makanan yang sering dimasak Bapak. Bapak dulu hobi masak. Beliau masak dan menyantap hasil masakannya dengan nikmat. Nikmat dunia itu ada di lidah - kata Bapak sambil tertawa. Ah, tambah kangennn...

Karena kangen, hari ini masak menu ala-ala ini  Bapak. Entahlah, apakah resep ini hasil racikan Bapak atau Ibu, atau hasil liat di majalah. Bapak menyebutnya Ayam Bento. Resep andalan Bapak nih. Masaknya mudah dan dijamin enak! 

Masakannya mirip semur, manis dan gurih. Diberi variasi tambahan so'un dan sedikit aroma jahe. Enak lah euy. Anak-anak juga doyan banget. Terutama so'unnya... Kadang-kadang mereka minta ijin makan tanpa nasi. Yah, kupikir sounnya sudah cukup mengganti karbohidrat, ya bolehlah boleh...

Senin, 20 Februari 2017

Dari Alergi Jadi Nembang Macapat Sekar Gambuh



"Maaf, Bu. Ada yang mau tanyakan. Mas Afiq Bahasa Indonesianya agak beda dengan yang lain?"

"Maksudnya?" Gw bingung.

"Kalo Saya dan anak-anak sekelas ini kan Bahasa Indonesianya kan ya gini (baca: medhok). Tapi Mas Afq itu beda ya. Seperti ada campurannya,"

"Oh, logatnya?" Gw mulai ngerti nih arahnya Ustad.

"Iya! Apakah ada yang bukan dari Jawa. Asalnya, maksud Saya,"

Senin, 30 Januari 2017

Kenalan Dengan The Face of Balga, Balgamagz.com

Balgamagz.com?

Adalah media online pertama di Indonesia yang menyasar segmen pada orang-orang bertubuh besar. Media ini sama seperti media tentang gaya hidup pada umumnya. Hanya saja lebih khusus untuk teman-teman yang plus size. Seperti pemilihan The Face of Balga. Mirip dengan pemilihan Wajah Femina gitu ya. Tapi, tapi nih. Syarat utamanya untuk bisa ikutan sebagai peserta di ajang pemilihan ini harus "bertubuh besar", berat badan minimal adalah 70 Kg. See? Namun, mereka yang bertubuh besar dan nyaman dengan tubuhnya. Saya bekenalan dengan Balgamagz.com ini tepatnya Sabtu (21/1) lalu, saat delapan pemenang Face of Balga sedang berada di Solo dalam rangka Balties trip.

Selasa, 17 Januari 2017

Es Kopi Vietnam



Sidang kasus pembunuhan Mirna, wanita yang meninggal dunia setelah minum es kopi vitnam di sebuah kafe di Jakarta, berlangsung beberapa waktu lalu. Tapi, bukan sidangnya yang bikin penasaran, melainkan es kopi vietam itu. Seperti pengakuan si manajer kafe, setelah kejadian tragis itu, minuman ini jadi populer. Untuk saya, makin penasaran karena teman-teman di WA grup heboh membicarakannya.

Sabtu, 07 Januari 2017

Seduluran Keluarga Marto Sosro Suwignyo Di Desa



Video di atas jadi puncak keseruan Reuni Keluarga Besar Marto Sosro Suwignyo. Di bawah komando Mas Dewo, generasi cicit dan buyut Mbah Marto, semangat seduluran.

Keluarga Mbah Marto sudah beberapa kali rutin mengadakan reuni keluarga besar. Ngumpulke walung ceritane. Mestinya ngapak ini, karena daerah asalnya dari Banjarnegara. Tapi yah itu, walungnya terpencar sampe ke Palembang, Jakarta, beberapa daerah di Jawa bahkan ada yang di Australia, wajar ya kiranya ngapaknya jadi hilang. Hiks.

Sabtu, 24 Desember 2016

Yang Muda Yang Blogger

Ngumpul sama blogger itu asli seru. Banyak ilmu dan pengalaman. Kayak kemarin (17/12), ngobrol dengan Mas Bowie, empunya The TravelJunkieID, Tragel Blogger yang mendunia, di Resto Barelo Lt.5 Hotel Swissbelinn Saripetojo, Solo.

Biasanya, Saya selalu siap dengan kertas dan pulpen buat nyatet ilmu-ilmu biar gak nguap. Lah, kok dengerin Mas Bowie cerita itu bikin lupa semuanya. Ceritanya Mas Bowie menghanyutkanku pada impian masa kuliah. Pengen banget tuh kayak Mas Bowie, bisa jalan-jalan keliling dunia dan GRETONGAN pula! (Gretongan bacanya gratis). Apalagi suasana Barelo, yang romantis-romantis gimana gituuu, bikin tambah melayang. Haduh.

Kamis, 01 Desember 2016

Ngilmu Motret Makanan Agar Instagram-able




Pernah motret makanan terus diupload di sosmed? Haiyah, Instagram atau path. Pernah juga melarang teman atau pacar atau suami menyantap makanan sebelum dipotret? Abis masak, cekrek, upload. Saya sih gak pernah. Udah gemes (baca: laper) sama makanannya. Apalagi ada anak-anak. Makanan gak selamet deh. Ludes!

Kemaren-kemaren sering penasaran dengan ke-eksistensi-an man-teman dalam hal motret makanan. Adayang fotonya biasa aja. Tapi juga ada foto makanan yang cantik. Malah ada yang seolah ngomong gitu, "Makan aku dong," Abis itu makanannya kedip-kedip. Pokoknya keren gitu fotonya. Selayaknya model yang hanya diam tapi bisa menggoda. Ugh! Kayak foto-fotonya, Mas Rizki Irfano via akun Instagramnya. Followernya udah 15 ribuan bow. Apalah Saya, hanya remah roti di panggangan. Bahkan, nih Mas Rizki mbisikin, dari cekrek makanan upload, mendatangkan rejeki loh. Uhuk! Pengen, kan?