Kamis, 01 Desember 2016

Ngilmu Motret Makanan Agar Instagram-able




Pernah motret makanan terus diupload di sosmed? Haiyah, Instagram atau path. Pernah juga melarang teman atau pacar atau suami menyantap makanan sebelum dipotret? Abis masak, cekrek, upload. Saya sih gak pernah. Udah gemes (baca: laper) sama makanannya. Apalagi ada anak-anak. Makanan gak selamet deh. Ludes!

Kemaren-kemaren sering penasaran dengan ke-eksistensi-an man-teman dalam hal motret makanan. Adayang fotonya biasa aja. Tapi juga ada foto makanan yang cantik. Malah ada yang seolah ngomong gitu, "Makan aku dong," Abis itu makanannya kedip-kedip. Pokoknya keren gitu fotonya. Selayaknya model yang hanya diam tapi bisa menggoda. Ugh! Kayak foto-fotonya, Mas Rizki Irfano via akun Instagramnya. Followernya udah 15 ribuan bow. Apalah Saya, hanya remah roti di panggangan. Bahkan, nih Mas Rizki mbisikin, dari cekrek makanan upload, mendatangkan rejeki loh. Uhuk! Pengen, kan?



Beberapa waktu yang lalu Sabtu (19/11), Mas Rizki bagi-bagi ilmunya di acara Blogger Solo Gathering di Jackstar Indonesia, Solo.

Motret makanan doang pake ngilmu segala? Kayak yang penting banget. Yang ngomong begini gak tau dia. Gak tau rasanya puas udah bikin foto yang bikin ngiler orang (baca: foto bagus). Bukan pamer makan di resto mewah tok loh.  Yah, okelah bray kalo makanannya dari restoran mewah yah. Secara plattingnya udah cantik, cekrek-cekrek aja udah Instagram style banget. Tapi gimana motret nasi liwet yang dijual Mbok Par? Gak kenal Mbok Par, ya? Itu loh, Ibu penjual nasi liwet di kaki lima pertokoan daerah Nonongan yang bukanya setelah Magrib. "Motret gitu doang" ada seni juga. Gimana bikin makanan ini keliatan menggoda. Bikin ngiler, bikin ngences.

Motret Makanan Jadi Cantik

Sebelum motret pastikan dulu ada makanannya! Hehehehe. Becanda, bro. Liat pencahayaan di lokasi makanan berada (baca: tempat makan). Ornamen, warna, properti yang ada di sana. Termasuk juga motion (sentuhan gerakan manusia), misalnya mie disumpitin, atau steaknya diiris dan pura-puranya mau masuk mulut.

Coba yuk disimak ilmu berikutnya:

Flat Lay

Gaya Flat Lay ini yang paling ng-hitz di IG. Teknik moto ini, adalah semua makanan, minuman, alat makan, dan segal printilan properti bisa masuk dalam frame. Agak susah nih gaya, apalagi kalo mejanya tidak bersahabat, terlalu tinggi buat ukuran standar tinggi manusia Indonesia. Kata Mas Rizki, jangan malu naik kursi. Gak papa! Beneran!
Mas Rizki beraksi untuk Flat Lay

Flat Lay By Me

Details

Pas makanannya dateng, terus pandangilah dengan segala rasa. Selain flat lay, bisa juga mengambil detail pada makanannya. Misalnya bisa mengambil parutan keju di atas steak dengan tajam. ITU BAGUS BANGET!

This is by me but gak ITU BAGUS BANGET.

Dedikasi

Makanan juga perlu dedikasi. Bayangin yah. Makanan itu bisanya cuma diam. Kita yang harus explore. Coba berbagai angle, naik kursi, minjem tangan temenmu buat motionnya. Untuk dedikasi total, liat semua faktor yang mendukung pemotretan. Perhatikan cahayanya, lampunya, penerangannya. Cahaya paling baik ya cahaya matahari. Makanya, usahakan cari tempat makan di pinggir jendela. Bahkan efek bayangan yang masuk lewat jendela bisa membuat foto dramatis! 
Jika terpaksa motret dalam kegelapan (baca: malam atau cahaya kurang), teteup ya, cari tempat yang paling terang. Bawalah tuh makanan di tempat yang lampunya bagus. Atau gunakan ISO yang rendah, apperture rendah dan shutter speed maks 1/50. kalo masih kurag terang, gunakan lampu senter atau sumber cahaya lain. Yang penting makanannya terlihat jelas.

Styling

Penataan makanan juga penting bro. Kalo pas makan di restoran yang plating-nya bagus sih gak ada masalah. Tapi gimana kalo makannya di Soto Gading atau Soto Sawah? atau Nasi Liwet Mbok Par? Nah, jangan segan makanannya ditata deh. Kalo soto, kuahnya di slurup dulu, pindahin dagingnya ke bagian atas. Atau bisa juga pada saat Mbok Par meracik nasi liwetnya, makanan harus tetap terlihat dan gerakan tangan Mbok Par jadi motion dramatisnya. (Gak punya contoh fotonya. Liat di IG-nya Mas Rizki aja).

Colors 

Kadang-kadangkan ada makanan yang warnanya sama semua ya. Pinter-pinter deh, nyari warna kontras. Misalnya ditambahin dengan saus sambal, cangkir atau properti lain yang berwarna. Apalagi di sosmed harus eye catching  karena sekilas dalam sekejap harus memukau.

Editing 

Jika sudah maksimal motret tapi kayaknya masih kurang greget, boleh deh diedit. Sentuhlah dia, naikan saturasinya sedikit. Pasti lebih cerah fotonya, 

Aksi Blogger Solo Praktek Ilmu dari Mas Rizki

















Gimana tuh ilmunya? Praktekin dong. Terus upload ke IG-mu. Psst, add IG-ku ya, @batiknadhifsolo. #selaluadacelahuntukpromosi.


9 komentar:

  1. Aiiih ada foto akyuuu..untung gak kelihatan mukanya..haha..

    Aku masih harus belajar banget utk bikin foto makanan yang bikin *sluurrppp*, ngelap iler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samma!!! Yang agak susah itu ya feel dan sense nya itu loh Mbak.

      Hapus
  2. Mantap mbak, saya juga waktu itu seneng banget dapat ilmu baru buat motret makanan hehehe :D

    BalasHapus
  3. Pengen banget bisa moto flat lay yg bagus tp mesti aja failed hehehehe
    Nice share mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu Mak Yen. Aku apalagi yang flat lay. Kurang dedikasinya... Malu-malu gimana gitu... qiqiqiqi.

      Hapus
  4. Pengen banget bisa moto flat lay yg bagus tp mesti aja failed hehehehe
    Nice share mbak

    BalasHapus