Selasa, 11 September 2018

Sumpel Telinga, Bikin Hubungan Menantu dan Mertua Jadi Hangat





"Carilah calon suami yang sudah gak ada Ibu."
"Kenapa?"
"Biar gak ada Ibu mertua"
Candaa jaman jomblo dulu begutu tuh. Yah, hubungan klasik Mertua vs Menantu masih seperti kisah misteri berbau horor. Apa seseram itu ya?

Bisa gak sih hubungan Mertua dan Menantu asik dan menyenangkan? Pertanyaan penting banget nih buat kamu yang mau nikah besok. (yang masih belum ada calon suami, diaminkan saja. Gak ada yang tau besok langsung ada pria sholeh, yang ngajak akad nikah).

Ehemmmm... Kalo menurut menantu perempuan ,  apalagi yang belum kenal keluarga suami. So pasti, horor banget! Apalagi kalo tipe Ibu Mertua kamu itu kaku. Dijamin gerak gerikmu serba salah. Makan salah, melangkah salah, melirik pun salah. Parahnya lagi, kalo kamu tipe melankolis plus baperan, horor level langit ke tujuh deh. Bikin badan tipis bagaikan tengkorak dibalut kulit.
Wah... Wah... Wah... Mulai gentar? Maju mundur syantik? Maju aja nikah... Gak papa kok.
Meskipun horor gitu, masih ada cara bikin hubungan mertua-menantu jadi asik. Kunci utamanya adalah S A B A R. Perlu banget ya capslock? Karena hubungan ini bakal lama, Say.

Gimana caranya bikin asik?

Pertama, minta calon suami untuk jadi jembatan antara Ibunya dan kamu. Jadi penengah. Biar dua-duanya gak salah paham. Penting ini.

Kedua, kenali hal-hal yang bikin Ibu mertua senang dan bikin murka. Hindari nih, kalo tidak bakalan jadi cerita rewind. Bakalan terkenang sepanjang masa. Kelar idup lo!

Ketiga, minta suami untuk sedikit-sedikit bercerita tentang kamu (istrinya) pada Ibu mertua. Sekaligus ajang taaruf. Bukan cuma pasangan aja, tapi juga orangtuanya. Beritahu Ibu mertua, jika tidak mudah bagi istri untuk datang ke keluarga suami seorang diri dan meninggalkan orangtua yang menyayanginya.

Keempat, pahami jika istri jadi saingan Ibunya. Gini loh Say... Ibu mertua merawat dari kecil hingga dewasa. Dia mencium dan memeluk anak laki2 nya dari kecil. Setelah menikah, anak laki2 nya itu memeluk wanita lain. Sedari kecil, Ibu mengutamakan anaknya, kemudian setelah menikah Ibu tidak kebagian waktu untuk sekedar memeluk anak laki-lakinya. Orangtua akan selalu melihat anaknya masih sama seperti masa lalu. Alias masih seperti anaknya dulu yang ditimang.

Kelima, sumpel telinga. Mertua pasti akan membanding-bandingkan menantu dengan kakak-adik ipar, kakak-adik kandung, saudara, tetangga, dan entah siapa lagi. Tapi yang paling sering ya dibanding-bandingkan dengan saudara sendiri. Masuk kuping kanan, keluarkan lagi dari kanan. Alias mental yak. Gak usah didengarkan. Kalo empet banget ya, pasang akting mendengarkan padahal lagi shalawatan, atau disambi nyuci piring, nyuci baju, masak, atau ngasah pisau (Serem deh kalo ini, mending dicoret aja). Pokonya jangan masukin di hati. Cuekin aja. Lemesin aja Sist...

Keenam, saling pengertian. Saat mertua bercerita tentang pengalamanya dulu itu. Entah cara merawat anaknya, keahlian masaknya, keahlian nyari duit, keahlian-keahlian yang lain. Didengarkan saja, tanpa membantah. Boleh memuji, membantah jangan. Pegang prinsip orangtua butuh didengarkan, itu saja. Sediakan dua telinga untuk mendengar. 

Ketujuh. Menekan ego. Apalagi kalo pas mertua memberi wejangan perihal anak kita. Tambah bumbu banding-bandingin dengan anak si ini dan itu. Membuat kita merass jadi orangtua yang buruk. Ambil yang baiknya, dan buang yang gak pengen didengar. Baiknya bahwa mertua ingin cucunya jadi keturunannya yang "jos gandos". Ini adalah cara yang paling susah. Prakteknya ini sih gak mudah. Sulit banget deh. Aseli. Tapi, ingat saja bahwa tantangan menuju jalan surga itu memang berkelok. Gak ada yang lurus, jadi sabar saja.

Wuih, ternyata tipsnya banyak juga ya. Jangan langsung takut gitu, dong calon mantu. Cobain aja semampu sista, selebihnya berdoa. Sukur Alhamdulillah kalo dapet mertua yang asik and gahol. Jangan lupa sujud sukur kalo gitu.

*Yang nulis ini juga sambil bercermin. Karna punya anak lanang, suatu hari akan jadi mertua juga. Ehem... 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar