Rabu, 25 September 2019

RS JIH SOLO - RS Paket Komplit, Keren Di Pandang, Nyaman Di Hati


RS JIH SOLO – Jogjakarta Indonesia Hospital.




Tahun 2019, Solo kembali menyabet predikat kota paling nyaman di Indonesia menurut suervei Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia. Sebagai warga Solo, Saya cukup ehem bangga ya. Banyak variabel yang digunakan dalam survei itu, namun Saya tak tahu lah.... Tapi, menurut Saya memang nyaman. Salah satu faktor yang bikin Saya nyaman tinggal di Solo karena Fasilitas Kesehatan-nya. Al musabab fasilitas ini juga yang menjadi dasar keputusan Saya untuk menjalani Long Distance Marriage. Pekerjaan suami menuntut kerelaan hati berpindah-pindah tempat tugas, di sana, di situ, yang fasilitas kesehatannya masih sangat minim. Yang paling krusial buat Saya adalah dokter spesialis anak. Maklum Saya ini Ibu agak panikan yang panas dikit lari ke dokter. Tapi sekarang sudah agak tobat... Di Solo, ada RSUD Moewardi, RSUD Ngipang, RS Kasih Ibu, RS PKU Muhammadiyah, RS Triharsi, RS. Dr. Oen, dan beberapa lagi.

Awal September 2019 ini, ada rumah sakit baru di Solo, yaitu RS JIH Solo – Jogjakarta Indonesia Hospital. RS JIH Solo ini adalah ekspansi dari RS JIH yang di Jogja aka cabangnya. RS JIH Solo berlokasi di  Jln. Adisucipto no.118 Jajar, Solo. Mulai 10 September kemarin mulai dibuka untuk umum, melayani masyarakat.

Saya berkunjung ke RS JIH Solo ini pada 18 September 2019, dan diberi kesempatan untuk berkeliling rumah sakit anyar ini. Sebenernya juga memnuhi rasa penasaran sih, karena rumah skait ini dekat dengan rumah. Tiap hari melewatinya kan bikin penasaran... Apakah akan sama dengan RS JIH di Jogja yang terkenal dengan kekerenannya.

‘Uluh-uluh, keren banget nih rumah sakit. Rumah sakit apa emol?’

Tapi maaf ya, Saya itu bukan tipikal orang yang silau dengan materi semata. Saya harus tau sampai ke akhlaknya luar dalam. Eh... Eng? Fokus. Kembali ke RS JIH Solo. Seperti yang dikatakan oleh Tim Humas RS JIH Solo, jika masyarakat Solo ini sangat concern pada “Who Is The Doctors?” Betul itu betul! Saya minta nama dokter yang berkarya di RS JIH Solo. Saya mengenal beberapa nama dokter langganan. Sebut saja Dr. Lucy SpA, Dr Husnia SpA, Dokter kandungan, Dr. Cicik SPOG, Dr Bima SPOG. Dokter THT Dr. Netty Sp. THT. Yang semua dokter ini termasuk dokter yang komunikatif, tidak pelit info dan akrab dengan pasien. 

Hal ini sejalan memang dengan visi RS JIH Solo, yaitu Patient Centered Care. Yaitu memberi keleluasaan bagi pasien mengeluarkan aspirasinya. Misalnya, pasien mendapat informasi yang lengkap tentang penyakitnya, obat dan tindakannya. Apabila pasien tidak nyaman dengan tindakan yang dianjurkan pasien boleh meminta saran lain. Mengedepankan komunikasi yang dekat dengan pasiennya. Tidak melulu doktersentris. Nah, lengkapnya, RS JIH Solo didukung oleh 61 Dokter pesialis, 9 Dokter Umum, Perawat dan paramedis handal.

LAYANAN MEDIS RS JIH SOLO

RS JIH Solo ini emang tau banget rasa hati emak milenial. Poli Ibu dan Anak jadi salah satu unggulan di sini. Dengan membuka klinik Ibu dan Anak 7 hari dan seminggu. Alias Hari Minggu, dokter spesialis anak pun tetap hadir. Buat apalagi, Mak Emak? Buat bikin hati kita tenang, ya kan? Siapa yang panik anaknya sakit panas pas hari minggu? Saya dulu tuh pernah... Hiks... Poli Ibu dan Anak ini terpisah dengan poli lainnya. Dominasi warna cerah dan sofa empuk rasanya membuat pasien nyaman.

Selain Poli Ibu dan Anak ada juga Poli Kebidanan Kandungan, Poli Bedah Umum, Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah Syaraf,  Poli Bedah Plastik,  Poli Urologi,     Poli Orthopedi,  Poli Jantung dan Pembuluh Darah, Poli Kulit dan Kelamin,  Poli Mata,    Poli Paru, Poli Gigi,   Poli Kejiwaan,  Poli THT. Poli THT ini mempunyai layanan screening pendengaran pada bayi. Tujuannya agar bisa mendeteksi gangguan pendengaran pada bayi sejak dini..



Ruang tunggu Poli Ibu dan Anak


Ruang Tunggu Poliklinik dengan digitilasasi antrian

Semua poli, dilengkapi peralatan terbaru saat ini. Dengan digitalisasi antrian. Setiap ruangan dokter dilengkapi monitor nomor antrian. Penting kan ini, ya? Jadi gak perlu tuh bolak balik nanya sama perawatnya, “Udah nomor berapa Mbak?” Biaya konsultasi dengan dokter spesialisnya sih standarnya Solo. Antara Rp. 100000- Rp. 125000, setiap kedatangan. Belum termasuk tindakan yang diperlukan, misalnya nambal gigi atau endoskopi dll.

Adapun layanan medis seperti Executive Medical Check Up, FIsioterapi Ibu dan anak, Hemodialisa, dan CT Scan 128 slices. Kta bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi dalam tubuh kita. Seperti yang diceritakan Radiographernya, beberapa waktu lalu menemukan indikasi adanya sel kanker di paru seorang pasien. 

Berikut beberapa layanan medis : 
  1. Radiologi 24 jam
  2. CT Scan 128 Slice
  3. Laboratorium 24 Jam
  4. Rehabilitasi Medik
  5. Farmasi Klinik 24 Jam
  6. Hemodialisa
  7. Operating Theater 24 Jam dan CSSD 24 Jam
  8. Ambulance 24 Jam
  9. Tim Pemulasaran Jenazah 24 Jam

Berikut beberapa layanan fisioterapi : 

  1. Senam Hamil
  2. Breast Care / Perawatan Payudara
  3. Pijat Bayi


CT Scan dan Radiographer handal.





KAMAR INAP

Jajaran dokter udah, poliklinik udah. Kira-kira apalagi yang bikin RS JIH Solo ini W.O.W? Kamar rawat inapnya. RS JIH Solo saat ini merupakan rumah sakit Type C dengan total 115 kamar, yang terdiri dari :

President Suite ( 1 unit )

AC,1 bed, ruang keluarga, ruang rapat, 1 kamar mandi , kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, lemari pakaian, dispenser, LED Smart TV 70”, bed penunggu, telepon, kitchen set, 1 set meja makan.

Rp 2.500.000,-


Ruang meeting Presiden Suite Room





Suite Room

AC, 1 bed, ruang keluarga, 1 kamar mandi, kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu,overbed table, meja TV, lemari pakaian, dispenser. LED Smart TV 50",bed penunggu. telepon, kitchen set, 1 set meja makan.


Rp 1.200.000,-





VVIP


AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Lemari pakaian, dispenser, meja, sofa bed, LED TV 49", bed penunggu, telepon.

Rp 900.000,-

VIP

AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Lemari pakaian, dispenser, meja, sofa, LED TV 43", bed penunggu, telepon.

Rp 700.000,-

Main class

AC, 1 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja TV, Lemari pakaian, dispenser, meja, sofa, LED TV 40", bed penunggu, telepon.

Rp 500.000,-

Kelas 1

AC, 2 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table,  Lemari pakaian, LED TV 40",  telepon.

Rp 425.000,-

Kelas 2

AC, 4 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table,  Lemari pakaian, LED TV 40",  telepon.

Rp 225.000,-

Kelas 3

AC, 6 bed, 1 kamar mandi, bedside cabinet, kursi tunggu, overbed table,  Lemari pakaian, LED TV 40",  telepon.

Rp 110.000,-

CITRA BINTANG LIMA
Selama keliling dari lantai 10 sampai lantai dasar, tidak berkesan Saya sedang keliling rumah sakit. Tapi kayak lagi jalan-jalan di hotel. Suasana dan desainnya mendukung kenyamanan pengunjung. Rumah sakit ini tidak didominasi warna putih. Hmmm, bagi Saya sih, icon rumah sakit yang dominasi putih itu terkesan kaku. Dan agak menyeramkan... Paduan warna-warna cerah dan hangat di sini bikin rileks. Apalagi jika pertama kali tiba di Lobby. Beeh... 
Lobby Depan 
Lobby Tunggu

Fasilitas-fasilitas Lainnya
  1. Masjid
  2. Coffee & Bakery Shop 
  3. Lobby Nyaman
  4. Ruang Tunggu Poli BerAC 
  5. Wisma Tunggu Pasien ICU / ICCU 
  6. ATM
  7. Shopping Arcade
*Kantin
*Minimarket
*Wifi Hotspot
Satu lagi yang unik dari Rumah Sakit JIH Solo memiliki auditorium dengan kapasitas 200-300 orang yang bisa diatur dalam berbagai mode. Asik juga auditorium RS JIH Solo bisa buat banyak acara bermanfaat yang promo gratis sampai dengan bulan Februari 2020. Ingat ya tidak boleh untuk nikahan dan konser. Auditorium RS JIH Solo berada di Lantai 10. 
Terakhir nih... yang pada penasaran tentang BPJS, kan? Sesuai peraturan pemerintah, RS JIH Solo juga akan menerima BPJS. Tapi, masih dalam proses segala macemnya itu. 


RS JIH Solo
*Jalan Adi Sucipto No. 118, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
*Telp 0271-7469100
*Ponsel 081-1500-805
* UGD : 1-500-805
*twitter : @rsjihsolo
*fb : Rumah Sakit JIH Solo
*ig : @rs.jihsolo




2 komentar:

  1. Fasilitasnya lengkap banget, klo sakit trus dirawat disitu pastinya bikin kagak bosen..
    eh tapi masa mau sakit sih..

    BalasHapus