Kamis, 25 Desember 2014

Libur Sekolah, Si Mas Sekolah (Di Rumah)


"Ibu, kenapa mas kok gak sekolah-sekolah???" rengek si Sulung di masa liburan.

Pasca pembagian rapor yang tidak ada angkanya sama sekali itu, liburan sekolah pun tiba. Ibunya sih seneng karena rutinitas pagi bisa 'longgar' sithik. Si mas sulung juga bisa bangun tidur lebih siang. pokoke lebih santai.

Sabtu, Minggu, Senin, Si Sulung mulai gelisah. Galau. "Kapan mas sekolah lagi?" atau "Ibu sudah bayar sekolah mas belom?" Hihihi... Keliatannya Si Sulung mulai bosan. Meski pun tiap hari ada saja kegiatannya. Nemenin Ibu ke pasar, main di play ground, naik kuda dan keliling-keliling. Tetap saja si Sulung resah. Kangen sekolah. Mungkin karena televisi tetap disegel meski liburan.

Segel ini boleh dibuka dengan syarat. Mengaji 3 surat dan mengerjakan tugas calistung dari Ibu (ini ala kadarnya saja), dan berbatas waktu. Eh, ternyata Si Sulung malah  menikmati tantangan membuka segel televisi. Jadilah saya isi kegiatan penyibuk Si Sulung seharian seperti di sekolahnya. Kami saling membaca cerita (bergantian), menceritakan ulang isi buku cerita, mengaji bersama, bermain sandiwara drama , kadang  Si Sulung jadi guru, Si Bungsu jadi reporter, kadang jadi Ayam dan Kancil.

Kegiatan prakarya juga wajib. Karena setiap hari Si Sulung buat prakarya di sekolahnya. Buat boneka jari, buat pigura, buat gelang, aneka manik-manik, kolase dan lain-lain.
Prakarya anak-anak 

Liburan masih lama. Sekolah mulai aktif 5 Januari 2015. Waktunya masih panjang nih. Dan saya mumet merencanakan kegiatan penyibuk Si Sulung. Kalo Si Ragil sih asik-asik saja. Ikutan kakaknya.

Ternyata liburan sekolah bukan waktu yang santai buat emaknya. Justru lebih sibuk lagi karena seharian nemenin anak-anak bermain seharian penuh!!! Gak bakat homeschooling nih emaknya si sulung dan ragil. Ngisi kegiatan liburan saja sampe curcol di blog.

Oke, sementara ini rencananya kami akan liburan ke kebun binatang dan ke desa. Semoga setelah dari liburan akan banyak ide kegiatan pengisi waktu bertebaran di kepala Mboke. Sementara ini, kegiatan menanam apotek hidup dan bermain cat jadi agenda untuk hari ini.




Semoga kerinduan Si Mas Sulung untuk sekolah terobati...
Senangnya anakku enjoy sekolah, enjoy belajar, enjoy bermain, enjoy ibadah (Harus sholat 5 Waktu, karena ditulis dalam buku Cakedik -Catatan Kegiatan Anak Didik). Gak papalah yaaaa.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar