Jumat, 27 Oktober 2017

Percayakah Batik Ada Kekuatan Magis? Part 2.



Bukan hanya motif parang saja yang dipercaya ada unsur magisnya. Beberapa motif batik lainnya juga dipercaya ada kekuatan magis. Salah satunya, motif batik tambalan. Jika ada orang yang sakit, diselimuti dengan batik tambalan, dpercaya cepat sehat kembali. Percaya gak percaya?
Saya sih percaya ya… Pelajaran dari kesoktahuan kemarin nih. 


Menyanting batik itu sulit gaes. Mata, tangan, hati dan pikiran harus berkoordinasi dengan baik. Jika slenco (pikirannya ngawur), siap-siap ketetesan malam panas. Apesnya, malam satu wajan bisa tumplek blek.

Pernah, satu hari saat praktek nyanting itu, pikiran dan hati Saya lagi semrawut dan kemrungsung.  Biasa lah cyin, namanya orang hidup pasti ada aja masalahnya yaa… Entah bagaimana asal mulanya malam yang di dalam canting tangan bisa tumpah terkena kaki yang tak tertutup celemek. Pediihh… Panas…. Awww… Tak mampu lagi bersuara, hanya istighfar. Air mata mengambang di pelupuk mata. Hiks. Aslinya, mau nangis bukan karena malam panasnya, sih.
Pikiran saat itu lagi carut marut. Tapi gak mau kena malam panas lagi dong.

Saya meditasi sebentar. Tarik nafas perlahan. Diresapi hingga masuk ke paru-paru lalu hembuskan perlahan. Beberapa kali. Lalu, siap nyanting lagi.

Sebelum menyiduk malam, Saya ucap Basmalah. Dan nyanting sambal berzikir, istighfar dan merelakan semua yang terjadi. Sama seperti sengatan malam panas pada telapak tangan. Telapak tangan sebagai bantalan mori yang dibantik sama seperti alarm pengingat panas. Jika menyengat, artinya malam terlalu panas. Jika tak terasa hangat, artinya terlalu dingin, malam tidak akan menembus ke belakang kain. Sama-sama rela disengat. Biarkan lepas dan dingin sendiri.
What I feel then? Tenang… Masalah tetap akan ada tapi Saya harus tetap melanjutkannya, agar batikan bisa rampung.

Saya membayangkan seandainya Saya membuatkan motif tertentu untuk anak-anak. Saya akan menyanting diiring doa dan harapan untuknya. Sama seperti Ibu mertua dulu (Baca: Batik Mertua). Bagi Saya, unsur magisnya bukan karena motif itu memiliki daya sihir. Tapi doa dan harapan yang dipanjatkan dalam setiap goresannya.

Membatik juga bisa jadi terapi diri. Ada beberapa manfaat dari membatik :

1.            Melatih focus dan konsentrasi
2.            Melatih koordinasi mata, tangan dan pikiran
3.            Melatih kesabaran dan ketekunan
4.            Melatih kerja otak kanan.
5.            Sebagai media meditasi dan terapi diri.

Gimana, percaya pada magisnya batik?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar