Rabu, 08 November 2017

Jika Anak Bunda Kidal, Penting Lakukan Langkah Ini Agar Tidak Di "Bully"



kidal


"Oh, kidal? Ah, biasa itu. Gak papa. Jaman now gitu."

Sebuah kalimat yang open minded. Termasuk Saya. Hari giniii? Ada yang mengharuskan anak menggunakan tangan kanan, meskipun anak nyaman left handed. Daripada membua anak trauma, Saya membiarkannya menggunakan tangan kiri kecuali untuk makan.

Open Mind

Jaman now, kayaknya kidal itu semestinya bisa belajar dengan tenang dan nyaman. Orangtuanya jadinya lempeng (baca:tenang) melepasnya ke sekolah. Hanya mengenalkan pada gurunya jika anak ini kidal. Sudah amankah?

Oh, ternyata belum cukup. Masih saja ada bully yang terjadii di sekolahnya. Gak ada yang mau kan anaknya dibully?

           Ambil langkah ini juga ya, Bun.

  1.  Dekati teman-teman sekelasnya. Sampaikan pada teman-temannya, jika anak kita menggunakan tangan kiri dan itu bukan masalah. Jangan ditertawakan, diolok-olok atau diejek.
  2. Motivasi mereka. Anak "left handed" merasa berbeda dengan temannya yang menggunakan tangan kanan.  Sampaikan pada mereka, bahwa menggunakan tangan kiri adalah istimewa. Hanya sedikit orang yang terampil menggunakan tangan kiri. 
  3. Perlihatkan contoh-contoh orang lain yang menggunakan tangan kiri juga. Gunanya agar meyakinkan mereka bahwa ada orang lain yang sama dengannya.
  4. Dekati guru-gurunya dan beri mereka pengertian untuk memaklumi anak left hand. Minta agar mereka tidak memaksakan anak menggunakan tangan kanan. Minta mereka agar memaklumi jika anak butuh waktu lebih lama dari temannya, misal dalam hal menggunting. 
  5. Dengarkan keluhan anak jika bermasalah dengan intruksi atau kegiatan yang mengharuskan mereka menggunakan tangan kanan.
 S

S        Semua orangtua tentu berharap anak-anak belajar dengan nyaman. Tidak ada yang ingin anaknya dibully atau merasa tertekan. Jangan hanya andalkan guru sekolah saja. Karena lingkungan teman-teman memberi pengaruh besar bagi kehidupannya. 

SeSemoga semua anak-anak bisa bersekolah dengan nyaman ya Bun... Aamiin. 



2 komentar:

  1. Betul sekali mak Za, peran orang tua ya..agar anak tetap pede dan teman2nya tdk membully.


    Sy bukan kidal tapi kata orang2 disekitar sy, tangan kiri sayalah yang lebih terampil dri tangan kanan..tpi krgthu pengaruhny apa..hihi

    BalasHapus