Rabu, 16 Juli 2014

Cerita Malam Ini Tentang Gaza, ya Nak

14 Juli 2014

Si Sulung baru masuk sekolah. Sekolah mengintruksikan anak-anak mengenakan baju berwarna hitam atau nuansa gelap. Karena Selasa, 15 Juli 2014, Sekolah berencana menggelar aksi solidaritas untuk Gaza, palestina.

Awalnya, tidak ada niatan untuk bercerita tentang Gaza kepada si sulung (6 thn). Menurut saya, sulung masih kecil untuk memahami kejadian di sana. Namun apalah kata, rencana aksi solidaritas itu mengusik keingintahuannya. Apa itu Gaza? Apa itu aksi solidaritas?

Begini penjelasan saya yang sangat terbatas kepada si Sulung. Nak, rumah kita di negara yang namanya Indonesia. Di bumi ini ada juga negara yang bernama Palestina yang jauuuuuhhhh sekali dari Indonesia. Palestina punya tempat yang bernama Gaza. Saat ini, sekarang Gaza sedang diserang oleh negara yang namanya Israel. Israel mengebom Gaza. Banyak yang meninggal. Ada anak-anak, ibu-ibu, om-om, banyak sekali seratus orang. Mereka dibom. Kepalanya luka, kakinya, tangannnya. Bom juga membunuh Ibunya, bapaknya, embahnya.

Demi melihat wajahnya yang mulai bergidik. Saya hentikan cerita pengeboman itu. Mungkin dia membayangkan peristiwa itu.

Dia berujar, Israel itu nakal ya bu. Kenapa Israel nakalin Gaza?

Agak sulit menyederhanakan sejarah panjang konflik itu. Singkatnya, Israel dan Palestina rebutan rumah. Makanya jadi bertengkar hebat. Musuhan. Perang-perangan. Akibatnya banyak orang disakiti. Menangis dan terluka.

Raut wajahnya termenung. Kasihan ya bu, gumamnya. Saya jelaskan juga tentang aksi solidaritas yang dilakukan Sekolahnya. Aksi itu adalah keinginan kita sebagai manusia untuk membantu teman yang kesusahan. Saat ini anak-anak di Gaza sedang sulit. Mereka kehabisan obat, makanan, pakaian, buku dan rumah. Makanya untuk menolong mereka, sekolah mengajak anak-anak untuk menyumbang uang. Uang itu digunakan untuk membeli obat-obatan dan makanan.

Seperti zakat ya Bu? tanyanya polos.

Sederhananya. Iya nak anggap saja seperti zakat. Yang penting si sulung paham arti berbagi dan mempunyai rasa empati.

Setiap ada tayangan berita tentang Gaza, Si Sulung paling heboh menyimaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar